Senin, 21 November 2016

Filsafat


Mengaitkan buku filsafat dengan kehidupan sehari-hari yang dialami.
judul buku filsafat umum karangan Asmoro Achmadi tahun 1995 kota terbit Jakarta penerbit PT Gaja Grafindo Persada
1. Filsafat Tiongkok
bar-bar  atau saya lebih suka menyebutnya dengan primordialisme yaitu menganggap sukunya atau kebudayaannya lebih baik sehingga sikap/dampak positif yang diambil adalah integrasi antar anggota.
2. Confusianisme
yang dipelopori oleh Kung Fu Tzu (551-479sm) pemikirannya tentang ritual dan harus menguasai aspek keagamaan dan sosial. "raja tetap raja, hamba tetap hamba, ayah tetap ayah, anak tetap anak. apabila sikap setiap orang sesuai dengan statusnya, maka akan lahir kesadaran kan " hak dan kewajiban." persamaan dengan kehidupan adalah oleh teori struktural fungsional oleh Durkheim jika struktur menjalankan fungsinya dan perannya masing-masing maka akan terjadi keteraturan sosial.
3. Taoisme
sikap menyayangi orang lain maka akan timbul rasa tidak takut akan kejahatan orang lain. persamaan dengan kehidupan saya adalah ketika kita menghargai dan menghormati orang lain maka orang tersebutpun akan sama timbal baliknya. jika ingin menjadi pembicara yang baik maka harus menjadi pendengar yang baik.
4. Filsafat Indonesia
filsafat Indonesia merupakan filsafat pancasila yang didasarkan pada kepribadian bangsa. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang multikultur, religius dan berbudaya ciri dari bangsa Indonesia sendiri adalah "gotong royong", namun dalam kehidupan modern ini istilah itu seakan tergeser eksistensinya dalam lingkungan masyarakat, perlu dikaji bahwa faktor apa saja yang dapat mempengaruhinya. menurut saya adalah faktor globalisasi yang ditandai dengan pesatnya perkembangan IPTEK yang tidak dapat terkendali sehingga masyarakat Indonesia belum mampu menyaring dampak-dampak dari globalisasi tersebut.
sesuatu pandangan (pemikiran) paham kehidupan yang berasaskan individualisme akan melahirkan manusia-manusia yang berpola "dangkal" dalam lingkup pergaulan sosial seperti dalam kehidupan adalah orang yang tidak mau bergaul
pandangan hidup yang berasaskan materialisme akan melahirkan manusia-manusia yang berpola pada penyimpangan nilai-nilai moral dalam ruang lingkup sosial. dalam kehidupan nyata seperti contohnya adalah korupsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar