Selasa, 29 November 2016

Piloshopy Of Money (George Simmel)


Analisis tentang lagu me, my self and I. (G-Eazy feat Bebe Rexha)
       Pada lagu itu terdapat teori tentang George Simmel yaitu berkaitan dengan teori philosopy of money bahwasanya dengan adanya uang maka segala sesuatu dapat dibeli bahkan orang yang menciptakan uang itu sendiri. Penyebab dari kejadian itu semua adalah spesialisasi tugas, kerenggangan, kelompok sosial yang semakin besar, dan kemajuan teknologi.
       Dan pada lagu ini berkaitan tentang apa yang dikatakan oleh George Simmel tentang modernisasi bahwa “banyak orang yang berubah karena meresahkan”. Gaya hidup tidak dapat dipisahkan dari dampak modernisasi, yaitu banyak orang yang hedonisme yang hanya mementingkan kesenangan semata tanpa memikirkan cara memperolehnya atau ingin hidup mewaah tapi tidak mau bekerja keras.
       Lagu ini juga berkaitan dengan teorinya Max Weber yaitu tindakan sosial yang mana tindakannya mempunyai makna bagi dirinya sendiri, biasanya tindakan ini dipengaruhi oleh pengalaman maupun pengetahuannya.
       Pada lagu ini juga berkaitan dengan pengungkapan George Simmel tentang masyarakat  yaitu sosiasi-sosiasi yang terjadi pada masyarakat (sekumpulan) yang saling bersinggungan, terpisahkan namun saling berinteraksi. Yaitu ketika para orang-orang muda-muda yang datang kepesta ulang tahun, mereka masing-masing saling mempunyai pekerjaan dan terpisahkan namun ketika berkumpul pada pesta ulang tahun itu mereka saling berinteraksi satu sma lain. Ini merupakan adanya relasionisme. (melihat pada video klip)
      Ketika dia berada dalam pesta dia hanya ingin tenang, dan dia berada pada toilet untuk tenang dia malah mengalineasi dirinya. Karena menurut Georg Simmel semakin kelompok itu besar maka semakin tidak ketat peraturan yang dijalankan, karena masih ada orang yang lain. (video klip).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar