Kamis, 22 Desember 2016

Cara Pengguna Waktu yang Cerdik



Cara Pengguna Waktu yang Cerdik

       Charles Garfield, seorang psikolog klinik dari San Fransisco telah lebih lima belas tahun mempelajari orang-orang yang sukses menggunakan waktu mereka. Ia menyebut mereka “para pengguna waktu yang cerdik” (optimal performers). Mereka itu dari kalngan bisnis, olahraga, pendidikan maupun seni. Di Amerika misalnya tokoh-tokoh seperti Saul Bellow dan Eleanor Roosevelt (di Indonesia mungkin seperti Bob Sadiono, Sapto Hudoyo atau Titiek Puspa-penyadur. Oleh Garfield ditemukan bahwa mereka memilki ciri-ciri tertentu yaitu :
1.       Motivasi mereka berasal dari suatu kesetiaan terhadap “tujuan-tujuan hidup yang bersifat pribadi”, bukan berasal dari suatu ketakutan terhadap situasi “tidak bekerja keras” (seperti para pecandu kerja/work aholics).
2.      Mereka memahami adanya kebutuhan untuk penyerangan teratur (systematic relaxation) dan menganggap liburan sebagai suatu sumber bagi pikiran-pikiran kreatif.
3.      Mereka adalah orang-orang yang pandai membagi tugas (mendelegasikan tugas). Bagi mereka, ada tiga jenis tugas yaitu satu jenis yang harus mereka tangani sendiri, satu jenis yang dapat dibagikan (didelegasikan) kepada orang lain, dan satu jenis lagi yaitu kemungkinan-kemungkinan menarik yang akan terlalu banyak makan waktu. Mereka tak akan mudah tergoda oleh jenis yang ketiga ini.
4.      Mereka menetapkan standar yang tinggi terhadap pekerjaannya tetapi tetap bebas dari keinginan untuk harus sempurna.
       Pendek kata, mereka menggunakan waktu mereka secara amat cerdik dan hemat (efisien), serta memusatkan perhatian hanya pada bidang-bidang yang akan menghasilkan paling banyak. Pegangan-pegangan pokok di atas sengaja di uraikan agar kita mampu khususnya saya pribadi menyusun suatu alasan yang mendasar bagi perlunya mengelola waktu secara sadar dengan Daftar Penggunaan Waktu. Mengetahui alasan mengerjakan sesuatu itu sama pentingnya dengan mengetahui caranya mengerjakan.

Sumber:SusantoAgus.1989.WanitaSuper.Yogyakarta:Kanisius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar