Minggu, 25 Desember 2016

contoh RPP




Nama              : Ana Herliana
Nim                 : 2290150012
Jurusan          : Pendidikan Sosiologi

Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah                       : SMAN 1 Ciwaru
Mata Pelajaran                      : SOSIOLOGI
Kelas                                       : XII
Semester                                 : 2 (Genap) / 2016-2017
Program Studi                       : Ilmu Sosial
Standar Kompetensi             : memahami Struktur Sosial, Konflik Sosial, dan mobilitas      sosial
Alokasi Waktu                       : 6 X 45 Menit ( 3 X Pertemuan)
Kompetensi Dasar                 : menganalisis struktur sosial, konflik sosial, dan mobilitas  sosial
Indikator                                :

1. Menjelaskan bentuk struktur sosial dalam masyarakat.
2. Mengidentifikasi ciri struktur sosial dalam tahap perkembangan masyarakat.
3. Menjelaskan sebab taua kaibat terjadinya konflik sosial.
4. Menjelaskan Proses sosial dalam penyelesaian konflik.
5. mengidentifikasi berbagai sifat/bentiuk/faktor pendorong/faktor penghambat mobilitas sosial.
6. menjelaskan saluran cara/akibat dari mobilitas sosial.

I.                   Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
a.       Siswa mampu menjelaskan pengertian struktur sosial
b.      Siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk struktur sosial
c.       Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri struktur sosial
d.      Siswa mampu mengidentifikasi tahap perkembangan struktur sosial masyarakat
e.       Siswa mampu mengidentifikasi unsur pokok dalam struktur sosial
Pertemuan Kedua
a.       Siswa mampu menjelaskan sebab terjadinya konflik sosial
b.      Siswa mampu menjelaskan akibat terjadinya konflik sosial
c.       Siswa mampu menjelaskan proses sosial dalam penyelesaian konflik
Pertemuan Ketiga
a.       Siswa mampu menegidentifikasi sifat mobilitas sosial
b.      Siswa mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk mobilitas sosial
c.       Siswa mampu mengidentifikasi faktor pendorong mobilitas sosial
d.      Siswa mampu mengidentifikasi faktor menghambat mobilitas sosial
e.       Siswa mampu menjelaskan saluran, cara, dan akibat mobilitas sosial
II.                Materi Ajar
Struktur sosial, konflik sosial, dan mobilitas sosial
1.      Pengertian Struktur Sosial, konflik soail, dan mobilitas sosial
2.      Bentuk-Bentuk struktur sosial
3.      Ciri-ciri struktur sosial
4.      Tahap perkembangan struktur sosial  masyarakat
5.      Sebab dan akibat terjadinya konflik sosial
6.      Metode penyelesaian konflik
7.      Sifat, bentuk-bentuk, mobilitas sosial
8.      Faktor pendorong, daan penghambat mobilitas sosial
9.      Saluran, cara, dan akibat dari mobilits sosial

III.             Metode Pembelajaran
Metode diskusi, metode ceramah, metode problem solving
IV.             Langkah-Langkah Pembelajaran
NO.
URAIAN/KEGIATAN
WAKTU
1.
Pertemuan Pertama
90    menit

Kegiatan Awal
10 menit

·         Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu (review)
·         Menginformasikan kompetensi dasar  yang ingin dicapai dalam pembelajaran
5 menit
5 menit

Kegiatan inti

80 menit

·         Guru bersama siswa mengakaji berbagai sumber yang relevan dengan materi tentang struktur sosial
·         Tanya jawab definisi-definisi tentang struktur sosial
·         Guru membagi tugas kelompok untuk membuat tulisan serta menempelkan gamabar sebagai penjelas tentang struktur sosial yang  terjadi dalam masyarakat dan menganalisisnya
·         Guru memfasilitasi jika terdapat  siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi bagi siswa atau kelompok yang kurang memehami

25 menit

10 menit
15 menit


30 menit

Pertemuan Kedua
90 menit

Kegiatan Inti
·         Siswa melakukan analisis sebab terjadinya konflik Sosial
·         Guru menjelaskan akibat terjadinya konflik sosial
·         Guru menjelaskan metode penyelesaian konflik
·         Guru melakukan tanya jawab pada siswa yang kurang memahami materi
·         Guru menyampaikan tugas yang harus dikerjakan anak-anak untuk PR dirumah

30 menit
15 menit
15 menit
20 menit

10 menit
2.
Pertemuan  Ketiga
Kegiatan Inti
·         siswa bersama guru sama-sama mengidentifikasi tentang sifat mobilitas sosial dan saluran untuk melakukan mobilitas sosial
·         Siswa ditugaskan untuk memahami materi secara konkrit dengan cara mendiskusikan kembali apa yg telah diidentifisikan bersama kelompok
·         Guru memfasilitasi jika terdapat siswa yang kurang paham dan ada yang perlu ditanyakan oleh siswa
90 menit

20 menit

15 menit


20 menit

Kegiatan penutup
35 menit

·         guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
·         guru bersama siswa melakukan kesimpulan yang bersama sebagai penguatan
·         guru melakukan test kepada siswa melalui kuis secara garis besar materi
·         guru bersama siswa melakukan refleksi
10 menit
10 menit

10 menit

5 menit





V.                Alat dan Sumber belajar
a.      Alat :
      laptop dan LCD
b.      Sumber :
·         Buku Sosiologi kelas XII untuk SMA
·         LKS Sosiologi untuk SMA kelas XII
·         buku-buku lain yang relevan
·         artikel/berita dari media massa
VI.             Penilaian
a.       performance tes ( tugas kelompok, tugas individu, keaktifan siswa dikelas)
b.      test objektif (pilihan ganda)




serang, 19 Oktober 2016


mengetahui                                                                                          Guru Sosiologi           
kepala sekolah SMAN 1 Ciwaru






Hj. Siti Mariya Ulfah, M.Pd                                                               Ana Herliana, S.Pd
NIP : 2290150018                                                                              NIP : 2290150012







Tidak ada komentar:

Posting Komentar