Selasa, 27 Desember 2016

Lingkungan Kelas


   Pengertian Lingkungan Kelas
Pengelolaan kelas merupakan salah satu tugas guru yang tidak pernah ditinggalkan. Guru selalu mengelolah kelas ketika dia melaksanakan tugasnya. Pengelolaan kelas disini dimaksudkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi peserta didik sehingga tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efesien. Dalam konteks inilah pengelolaan kelas penting untuk diketahui oleh siapapun juga bagi mereka yang bekecimbung kedalam dunia pendidikan.
Menurut Oemar Hamalik (1987 : 311).pengelolaan kelas merupakan suatu kelompok orang yang melakukan kegiatan belajar bersama, yang mendapat  pengajaran dari guru. Pengertian ini menjelaskan bahwa guru meninjau langsung apa yang dilakukan oleh peserta didik, karena pada pengertian diatas terdapat frase kelompok, maka guru hanya bisa mengontrol jalannya pembelajaran.
Sedangkan menurut Suharsimi Arikunto (1988 : 17). Beliau mengungkapkan bahwa didalam didaktif terkandung suatu pengertian umum mengenai kelas, yang merupakan sekolompok siswa yang pada waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama. Dengan batas pengertian tersebut , maka ada tiga persyaratan untuk dapat terjadinya kegiatan pembelajaran tersebut.
Pertama           : sekelompok anak, walaupun dengan waktu yang sama bersama-sama menerima pelajaran, tetapi jika bukan pelajaran yang sama dari guru yang sama, namanya bukan kelas.
Kedua             : sekelompok anak yang dalam waktu yang sama menerma pelajaran yang sama, tetapi dari guru yang berbeda, namanya juga bukan kelas.
Ketiga             : sekelompok anak yang sama, menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama, tetapi jika pelajaran tersebut diberikan secara bergantian, namanya juga bukan kelas.
Pengertian pengelolaan kelas kalau dilihati dari paham lama merupakan mempertahankan ketertiban kelas. Sedangkan pengelolaan kelas dilihat dari paham yang baru seperti yang dikemukakan oleh Made Pidarta dengan mengutip pendapat Lois V. Johnson dan Mary A. Bany, bahwa pengelolaan kelas merupakan proses seleksi dan penggunaan alat-alat yang tepat terhadap masalah dan situasi kelas. Dalam hal ini guru bertugas untuk menciptakan, mempertahankan, dan memelihara organisasi kelas. Sehingga peserta didik dapat memanfaatkan kemampuannya, bakatnya dan energinya pada tugas – tugas individual. Sedangkan menurut Sudirman N, dkk (1991 : 310). Pengelolaan kelas merupakan untuk mendatagunakan kelas.
Dari beberapa uraian dan pendapat dari beberapa ahli dapatlah kita pahami bahwa pengelolaan kelas merupakan usaha yang dengan sengaja yang diakukan oleh seorang guru, guna mencapai tujuan pengajarn yang efektif dan efesiens. Dengan kata lain pengelolaan kelas merupakan kegiatan pengelolaan kelas untuk kepentingan pengajaran.

DAFTAR PUSTAKA

Ali Muhtadi, “Menciptakan Iklim Kelas yang Kondusif dan Bekualitas dalam Proses Pembelajaran” Blog file.upi.edu//../Menciptakan_lingkungan_pembelajaran_yang_kondusif.pdf
Drs. Jain Aswan, Drs Bahri Syahful. 2010. “Strategi Pembelajaran Mengajar”. Jakarta : Rineka Cipta
Wahyu Surahkusuma, “ Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Kondusi” Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
Majid Abdul, M.Pd. 2013. “Strategi Pembelajaran” Pt Remaja Rosdakarya : Bandung
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar