Selasa, 20 Desember 2016

Robert King Merton (Struktural Fungsional)



Robert King Merton (Struktural Fungsional)
Biografi
Lahir pada tanggal 4 Julilpia 1910 di pemukiman kumuh di Philadelpia Selatan. Ayahnya bekerja sebagai tukang kayu dan sopir truk. Keluarganya adalah imigran yahudi. Merton dibesarkan dalam semangat belajar yang tinggi. Ia merupakan murid Talcott Parsons sekaligus pengkritik dan penyokong teori fungsionalisme.
Tokoh yang mempengaruhi
Pitirim A. Sorokin (siklus perubahan dan kebudayaan), Durkheim (metode sosiologi empiris, kesepakatan kolektif, dan anomi), L.J. Handerson, George Simmel, dan Talcott Parrsons.
Ada 3 kritikan utama terhadap teori fungsionalisme terutama yang telah dikembangkan oleh Parsons, Malinowsky,dan Brown. Diantaranya :
1.      Postulat Kesatuan Fungsional Masyarakat
       Bahwa semua keyakinan kultural dan sosial yang sudah baku selalu fungsional bagi individu atau kelompok dalam masyarkat (integrasi tingkat tinggi). Namun mnurut Merton hal itu dapat saja terjadi dimasyarakat ynag msih primitif, dalam skala kecil. Namun akan mengalami problem bila mencakup masyarakat yang lebih luas yang lebih kompleks.
2.      Postulat Universal
       Bahwa semua bentuk sistem kultur dan sosial selalu berfungsi positif. Kritik Merton adalah menganggap hal tersebut relatif, sebab tidak semua sistem fungsional sitengah perkembangan sosial budaya.
3.      Postulat Indispensbity
       Bahwa semua bentuk sistem selain fungsional, juga merupakan cerminan kebutuhan masyarakat sebagai satu kesatuan struktur dan fungsi yang telah ada penting dan tidak membutuhkan struktur dan fungsi lain. Kritik Merton adalah bagi Merton ada alternatif struktur dan fungsi lain yang akan berlaku bagi masyarakat.
       Aanalisis fungsionalisme struktural terbatas pada kelompok, organisasi, masyarakat dan kultur. Bagi Merton, perlu juga fokus terhadap peran sosial, pola institusional, proses sosial,pola kultur, emosi, norma sosial, organisasi kelompok, struktur sosial dsb. Lalu Merton mengajukan konsep fungsional yang ia sebut fungsi manifest (nyata) dan fungsi laten (tersembunyi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar